Jumat, 03 Oktober 2014

Tentang MV Evanescence - Good Enough (Perjalanan Move On)



Saya gak tau harus mulai dari mana menceritakan MV ini, pokoknya saya suka banget nih MV hahaha(Galau nih yeee). Well Ketika pertama kali saya melihat Video Klip ini saya langsung jatuh cinta sama konsep videonya dan sekaligus lagunya.
Band Evanescence memang mengusung musik-musik gothick di lagu mereka. Kekuatan lagu mereka ada di Liriknya yang daaleeeeem banget hoho, sayang nya sekarang band ini sudah tidak aktif lagi. Semua personil telah menempuh jalan mereka masing-masing, dan sang vokalis pun sudah memilih untuk bersolo karir.

Ok... Back to the video!!!. Menurut saya (Menurut saya ini ya) lirik lagu ini menceritakan tentang cewek yang ingin move on dari seseorang yang sudah membuatnya cinta buta sehingga lupa segala-galanya (Azeeh).
Disini diceritakan betapa besar dan kuatnya pengaruh cowok tersebut kepada si cewek, sehingga si cewek merasa seperti tersihir. Berikut lirik dan artinya:

Good Enough | Evanescence 

Under your spell again
Tersihir olehmu lagi

I can't say no to you
Tak bisa aku menolakmu

Crave my heart and it's bleeding in your hand
Mintalah pada hatiku dan ia kan berdarah dalam genggamanmu

I can't say no to you
Tak bisa aku menolakmu


Shouldn't let you torture me so sweetly
Harusnya tak kubiarkan kau menyiksaku dengan begitu manisnya

Now I can't let go of this dream
Kini tak bisa kulepaskan mimpi ini

I can't breathe but I feel
Aku tak bisa bernafas, tapi aku merasa


Good enough
Bahagia

I feel good enough for you
Aku merasa bahagia untukmu


Drink up sweet decadence
Minumlah hingga tandas kemerosotan yang manis

I can't say no to you
Tak bisa aku menolakmu

And I've completely lost myself and I don't mind
Dan aku tlah benar-benar hilang tapi tak mengapa

I can't say no to you
Tak bisa aku menolakmu


Shouldn't let you conquer me completely
Harusnya tak kubiarkan kau menaklukanku

Now I can't let go of this dream
Kini aku tak bisa kulepaskan mimpi ini

Can't believe that I feel
Tak percaya aku merasa


Good enough
Senang

I feel good enough
Aku merasa senang

It's been such a long time coming
Sudah cukup lama

But I feel good
Tapi aku merasa senang


And I'm still waiting for the rain to fall
Dan aku masih menunggu turunnya hujan

Pour real life down on me
Guyurkan kehidupan padaku

'Cause I can't hold on to anything
Karena aku tak bisa berpegangan pada apapun

This good enough
Ini cukup menyenangkan

Am I good enough
Apakah aku cukup baik

For you to love me too?
Untuk kau cintai?


So take care what you ask of me
Maka hati-hatilah dengan permintaanmu padaku

'Cause I can't say no
Karena tak bisa aku menolakmu
sumber: http://terjemah-lirik-lagu-barat.blogspot.com/2013/09/good-enough-evanescence.html

 

Dalam lirik ini saya menyimpulkan bahwa si cewek ini sudah di sakiti sama tuh cowok!!! tapi tetep aja masih cinta. Nah lama-kelamaan si cewek sudah tidak tahan lagi dengan siksaan si cowok.Si cewek nya tau dia di sakiti dan sudah tidak tahan, dia kepengin sekali meninggalkan cowok itu tetapi sangat sulit untuk keluar dari kenangannya selama ini, walaupun sakit hati si cewek sudah merasa cukup senang selama ini sama si cowok.
Awalnya.. Sebelum nonton Videonya aku mengira arti lirik ini "Cewek yang Masih Kesihir oleh cintanya si cowok" (Cewek Ga bisa move on) , Eh ternyata setelah saya nonton Videonya saya jadi mendapat makna baru yang lebih logis.

sumber: google
Di Awal video terlihat si cewek (Amy Lee) memegang sebuah kertas sambil melihat kedalam kertas tersebut, kemudian dia berlutut.
sumber: B.S Player
 Naah "scene" selanjutnya (00.16) adalah si cewek mengubur kertas tersebut dibawah lantai rumah yang sudah lapuk. Setelah kertasnya terkubur, lantai yang lapuk tadi perlahan menutup kembali. Makna nya adalah si cewek seperti ingin melupakan sesuatu (perasaan cinta ke cowok) dengan menguburnya sehingga gak akan di ingat lagi.

Kemudian pada video setelah cewek tadi mengubur suatu kertas, si cewek berjalan dan meninggalkan jejak seperti bekas terbakar pada lantai(00.32). Si Cewek berjalan ke lemari buku kemudian mengambil diary nya, dan menulis sesuatu di dalam diarynya. Setelah dilihat secara seksama ternyata diary yang di MV itu baru dan belum berisi apapun. Maknanya adalah si cewek ingin membuka lembaran baru dalam hidupnya, di simbolkan dengan diary baru yang masih kosong.

Selanjutnya Si cewek menghadap ke cermin, tetapi bayangan yang timbul di cermin sangat mengerikan. Menurut saya ini menyimbolkan kehidupan si cewek sekarang yang masih berada dalam kegelapan (Cengkraman si Cowok) dan akan segera di tinggalkan.

Pada menit-menit selanjutnya kita bisa melihat seluruh isi ruangan perlahan terbakar semuanya. Menurut saya ruangan yang ada dalam Video ini melambangkan "Ruang Memori cinta" (Cieee) si cewek kepada seorang cowok, karena si cewek mau move on atau meninggalkan si cowok maka dihancurkanlah ruang memori tadi dengan cara membakarnya. 

Scene Amy Lee yang sedang bermain piano di ruangan yang penuh api tersebut bisa diartikan sebagai luapan kemarahan atau sakit hatinya si cewek. Dalam dunia "Per- Move on'an" emang wajar kalo perasaan marah keluar secara Dahsyat!!(Lho?)

Naah Scene selanjutnya adalah scene yang paling saya suka (03.17). Setelah aksi bakar-bakaran tadi perlahan datanglah hujan, ini berarti setelah masa-masa yang berat untuk melupakan perasaan kepada si cowok pasti ada perasaan lega dan gak terbebani, walaupun berat. Bisa dilihat di video Ekspressi bernyanyi si cewek terlihat lebih bahagia setelah datang nya hujan.

Hujan yang mengguyur tadi sudah memadamkan api yang ada di ruangan tersebut. yang mana berarti si cewek tersebut sudah meluapkan semua amarahnya dan keluar dengan perasaan yang lebih lega. Scene selanjutnya (04.06) terlihat ada tanaman yang tumbuh menjalar ke seluruh ruangan hingga ke piano nya si cewek, diatas piano nya si cewek ada banyak bunga yang bermekaran, ini berarti kehidupan baru yang lebih indah dan lebih bahagia dari sebelumnya (dilambangkan dengan bunga) , dan kemudian matahari pun bersinar... hoho "good Ending"...

So menurut aku makna dari video ini adalah perjalanan move on nya si cewek (dijelaskan secara simbolis), sedangkan lagu nya sendiri menjelaskan bagaimana perasaan cewek itu, kenapa dia ingin move on dan kenapa begitu sulit untuk move on, sehingga Video dan lagu ini saling melengkapi dan saling menerangkan.

yaudah tanpa cap cip cus langsung aja klik video dibawah ini untuk liat video lengkapnya...see ya...


2 komentar: